Ngebut Wujudkan Smart Village dan Smart City, Pemkab Ciamis Melalui DPMD Gandeng Diskominfo Ciamis Sosialisasikan Penggunaan E-office Desa Kabupaten Ciamis

Kabupaten Ciamis,- Sosialisasi kegiatan tersebut diikuti bersama beberapa perangkat desa secara offline di Ruang OP Room Setda Kabupaten Ciamis. Rabu, 08/03/23.

Mengawali acara, sebagai leading sektor Kepala Dinas DPMD Kabupaten Ciamis Ape Ruswandana menerangkan bahwa inovasi E-office Desa Kabupaten Ciamis ini adalah murni gagasan inovasi dari Dinas Kominfo Kabupaten Ciamis yang tidak berbayar.

“Ini adalah murni inovasi dari Dinas Kominfo Ciamis yang tidak menggunakan biaya apapun, dimana inisiasi Diskominfo ini adalah semata hanya untuk kepentingan kebutuhan layanan kepada masyarakat Kabupaten Ciamis”, Ujar Ape.

“Ini akan mempermudah semua kegiatan maupun kebutuhan masyarakat nantinya, alhamdulillah dengan kerjasama bersama Dinas Kominfo Kabupaten Ciamis ini saat ini telah terbentuk E-office Desa Kabupaten Ciamis”, Ujarnya.

Sambung Ape, tentu dengan adanya E-office Desa Kabupaten Ciamis ini akan berdampak pada permudahan pendataan warga dan lain sebagainya karena secara otomatis dalam E-office desa itu sendiri juga akan lebih mengefektifkan perangkat desa itu sendiri disamping layanan yang didapatkan oleh masyarakat, Katanya.

“Saya berharap tujuan ahirnya itu adalah smart village, smart city, insyalloh bila semuanya sudah terintegrasi maka manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat maupun perangkat desa itu sendiri tentu akan sangat bermanfaat”, Harap Ape.

Lebih lanjut, Kadiskominfo Kab. Ciamis H. Tino menerangkan bahwa inovasi yang digagas ini bertujuan untuk mewujudkan Smart Village, Smart City, Smart Provinsi dan Smart Nation.

Ini adalah sebuah kebutuhan kita untuk terus melakukan perbaikan pelayanan, bukan semata kita asal mempunyai web akan tetapi tujuan utamanya adalah adanya pengembangan pelayanan yang berbasis teknologi sehingga layanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi semakin efektif dan efisien, Jelasnya.

Ya, tentu hal ini sesuai dengan Visi dan Misi Kepala Daerah yaitu meningkatkan tata kelola Pemerintahan yang efektif dan efisien dimana sasarannya adalah meningkatnya kebijakan internal, tatakelola dan layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Tuturnya.

Sementara, dijelaskan Hendri Ridwansyah Kabid Persandian dan Telematika Diskominfo Kabupaten Ciamis menerangkan saat ini sebanyak 71 Desa dari 258 Desa di Kabupaten Ciamis sudah diberikan layanan website.
sumber : ciamiskab

Share Berita